Majesticva merupakan sebuah blog yang menyediakan berbagai informasi dan tips yang sangat bermanfaat bagi anda yang mencari informasi

Senin, 09 September 2019

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Usaha Makanan

Tidak ada komentar :
Ada banyak peluang usaha makanan yang menguntungkan terdapat di sekitar kita. Makanan merupakan sebuah kebutuhan manusia yang paling mendasar karena semua manusia harus membutuhkan makanan untuk menyediakan nutrisi dan energi bagi tubuh mereka. Dan dapat dikatakan bahwa bisnis makanan atau peluang bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak akan pernah mati karena banyak orang akan selalu mencarinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Usaha Makanan

Tips Membuka Usaha Makanan

Bagi kamu yang tertarik untuk terjun ke bisnis ini, berikut beberapa tips usaha sampingan makanan agar kamu sukses.


1. Kamu harus mempunyai standar mutu dan pelayanan yang terbaik

Tentunya selain lokasi yang begitu strategis, standar mutu dan juga pelayanan yang kamu berikan nantinya kepada konsumen tentunya juga harus baik. Kepuasan konsumen mengenai makanan dan minuman yang ditambah dengan adanya kualitas dan pelayanan yang begitu memuaskan akan membuat nya makin bertahan dan kembali untuk datang ke tempatmu.

2. Kamu harus rajin melakukan eksperimen

Melakukan sebuah eksperimen atau mencoba-coba sesuatu yang memang baru dikatakan sebagai hal pertama yang kamu perlu untuk lakukan. Perlu diingat jika bisnis yang sangat berhubungan dengan makanan dan minuman, kamu tentu diharuskan lebih banyak belajar mengenai memasak dan mengolah makanan dengan cara-cara yang dianjurkan. Ada beberapa hal yang sangat perlu kamu lakukan ketika melakukan eksperimen dengan pembuatan makanan, di antaranya adalah

• Kamu dapat mencari resep terhadap makanan maupun minuman yang memang hendak kamu buat nanti sehingga kamu dapat mengeksplorasi resep ke dalam buku resep ataupun internet.

• Kamu bisa melakukan beragam eksperimen untuk kemudian dapat menciptakan makanan dan minuman dengan penggunaan rasa yang begitu lezat, kualitas tinggi, dan bergizi. Kamu juga tentunya harus mendorong adanya ketertarikan kamu dalam hal memasak makanan atau minuman yang memang hendak kamu jual nanti.

• Kamu dapat menguji coba makanan atau minuman yang nanti kamu akan pasarkan. Sebelum tentunya kamu dapat menjualnya, ada baiknya jika kamu bisa melakukan uji coba untuk kmudian mendapatkan adanya tanggapan dari orang-orang. Kamu juga dapat mencoba dengan memberi sampel produk yang kamu jual nantinya secara gratis kepada teman-teman kamu dan meminta mereka untuk dapat memberi tanggapannya.

3. Kamu dapat menemukan lokasi strategis

Ketika kamu menemukan lokasi yang stategis tentunya hal tersebut akan membuat usaha kuliner kamu makin banyak dikenal orang. Lokasi adalah sebuah pendukung di antara kesuksesan usaha kuliner yang nanti akan kamu buat sampai dengan 50%. Selain itu juga dengan kamu memilih lokasi yang teramat strategis, konsumen baru ataupun pelanggan nantinya akan terus menerus mendatangi kamu karena kemudahan akses untuk ia dalam menjangkaunya.

4. Kegiatan bisnis

Saran empat adalah anda wajib mengetahui terlebih dahulu aktivitas bisnis Anda, yang merupakan aktivitas yang memang diperlukan dan sangat penting dalam menghasilkan sebuah produk. Bisnis apa pun yang tidak merencanakan kegiatannya akan kehilangan arah dan bisa hilang jika melakukannya.

Ini berarti Anda harus tahu seperti apa kegiatan bisnis yang akan anda lakukan nantinya. Dalam bisnis, kegiatan bisnis umumnya dibagi menjadi 5, yaitu:

• Strategi (manajemen strategis): berfokus pada proses untuk anda dalam menetapkan tujuan organisasi, mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya untuk mengimplementasikan kebijakan dan sekaligus melakukan sebuah rencana terhadap pencapaian tujuan organisasi.

• Operasional (Manajemen Operasional): kegiatan bisnis yang fokus pada proses produksi barang dan jasa, serta untuk anda dapat memastikan jika operasi bisnis adalah dengan cara efektif dan efisien.
• Pemasaran (Manajemen Pemasaran): salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga kelangsungan perusahaan, mengembangkannya dan mendapatkan manfaat.
• Keuangan (manajemen keuangan): perencanaan, manajemen, penganggaran, verifikasi, kontrol, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh sebuah organisasi maupun perusahaan.
• SDM (manajemen sumber daya manusia): Manajemen sumber daya manusia atau sering disingkat HRM adalah kegiatan di mana ia mengelola hubungan dan peran sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh orang secara efisien dan efektif serta Ini dapat digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan bersama.

5. Mitra pemimpin

Dalam bisnis, Anda biasanya akan berurusan dengan pemasok yang akan menjadi mitra Anda. Misalnya, saat anda ingin membuat sebuah bisnis kuliner, Anda tentunya akan berhubungan dengan penjual gas, penjual air minum, pemasok bahan baku, dll.

Apabila anda ingin bisnis makanan anda berjalan dengan lancar dan sukses, kuncinya adalah menemukan pemasok terbaik yang menawarkan produk berkualitas sesuai dengan harga.

Demikian beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum berbisnis makanan, semoga mendukung bisnis kamu ya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar