Majesticva merupakan sebuah blog yang menyediakan berbagai informasi dan tips yang sangat bermanfaat bagi anda yang mencari informasi

Selasa, 06 Mei 2014

Menyiapkan Santapan Berkualitas

Tidak ada komentar :
Makanan sehat tidak hanya ditentukan oleh kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Pada beberapa kasus, makanan yang sebenarnya sehat menjadi tidak baik bagi tubuh karena penyajian yang kurang tepat sehingga terkontaminasi oleh bakteri maupun pencemar lainnya. Jadi langkah pertama dalam memastikan kesehatan pangan yang kita konsumsi ditentukan saat pertama berbelanja baik itu di pasar tradisional maupun supermarket.

Ketika berbelanja usahakan untuk memilih buah, daging maupun sayur yang segar. Untuk membeli daging atau ikan usahakan dalam keadaan beku sehingga ketika tiba di rumah masih segar, jangan lupa pisahkan dengan bahan makanan lainnya. Pastikan makanan yang akan dikonsumsi dicuci dengan steril dan higienis, meskipun makanan tersebut ditutupi oleh selaput, seperti buah-buahan. Jangan menyimpan makanan mentah dan siap santap secara berdekatan karena makanan mentah seperti daging sangat mudah terkontaminasi bakteri yang dapat mencemari makanan siap santap. Telur mentah sebaiknya jangan langsung dikonsumsi karena ada kemungkinan terpapar Salmonella dan juga bisa mengakibatkan 352 jenis keracunan. Pada saat memasak makanan, jangan tertipu oleh penampilan luar dari masakan kita, bisa jadi tampak matang tapi sebenarnya belum matang. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah pastikan air yang digunakan untuk memasak bersuhu mendidih untuk mengenyahkan bakteri yang bersemayam dalam bahan makanan. Selanjutnya adalah jangan ragu untuk membuang makanan yang dirasa sudah tidak layak dikonsumsi. Makanan di luar belum tentu sebersih makanan rumahan, oleh karenanya pilih lah tempat makan yang lingkungannya bersih dan memiliki menu kaya gizi.

Dengan memperhatikan makanan sehat di sekitar kita, maka kita akan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan dan kondisi tetap bugar untuk tetap beraktivitas.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar